Rabu, 07 November 2012

SDM industri kreatif perlu kenali potensi dan pasar domestik

JAKARTA - Upaya pemerintah mengembangkan industri kreatif  perlu dibarengi dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang mengenal potensi dan kekuatan pasar domestik.

Inilah salah satu topik yang mengemuka dalam diskusi dan roadshow yang digelar perusahaan konsultan bisnis dan merek skala global, DM-IDHolland.
Chairman & President South East Asia DM-IDHolland Daniel Surya mengatakan salah satu penyangga industri kreatif,  terletak pada penciptaan merek atau branding yang kuat.

Kekuatan tersebut dapat diperoleh melalui bekal ilmu di dunia pendidikan dan pengalaman di lapangan yang matang.

"Ini menjadi alasan kami roadshow ke sejumlah kampus. Tujuan kami sederhana, mengenalkan kepada mahasiswa memahami fungsi branding dan proses menciptakan brand," ujarnya di sela acara roadshow di Bina Nusantara (Binus) University, Rabu (31/10/2012).

Melalui roadshow tersebut, dia menuturkan para mahasiswa mengenal dan memahami branding untuk dijadikan landasan sebelum menuju dunia kerja.

Roadshow yang digelar DM-IDHolland tersebut merupakan sesi terakhir, setelah sebelumnya berkunjung ke Prasetia Mulya Business School dan STIKOM The London School Of Public Relations Jakarta.

Tema utama yang dibahas saat roadshow di Binus University mengupas 'How to Cook a Delicious Brand'.
Bahasan tersebut menyajikan tentang cara atau langkah menciptakan brand, pembahasan tentang situasi yang mungkin dihadapi, serta sejumlah studi kasus lainnya.

Kepala jurusan School of Design Binus University Arif Priyono Susilo Ahmad menuturkan minat mempelajari desain komunikasi saat ini terus meningkat.

Hal itu tercermin dari bertambahnya mahasiswa yang mengambil jurusan desain di kampus tersebut maupun munculnya sekolah maupun jurusan desain lain di berbagai perguruan tinggi.

"Dari sisi SDM desain kita tidak kurang orang," katanya.

Sejauh ini, kurikulum yang dikembangkan Binus banyak mengadopsi potensi-potensi lokal.

sumber : http://www.bisnisaceh.com/ekonomi/sdm-industri-kreatif-perlu-kenali-potensi-dan-pasar-domestik/index.php

Pilih Bahasa

Ad Info

Statistik Blog