Rabu, 07 November 2012

Industri Kreatif Jadi Eskpor Unggulan


KEMENTERIAN Perdagangan mendorong pengembangan industri kreatif di Tanah Air sebagai salah satu produk ekspor unggulan. Banyak animasi karya anak negeri yang mampu bersaing di luar negeri sehingga tidak sedikit kualitas yang dihasilkan lebih bagus.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Dody Edward mengatakan, produk ekspor andalan Indonesia masih didominasi produk tekstil Industri kreatif terus mengalami pertumbuhan yang positif termasuk juga usaha animasi untuk industri film, iklan maupun video klip.

“Kita akan dorong agar animasi ini menjadi andalan ekspor karena banyak SDM dan potensi animator yang handal,” tuturnya pada sosialisasi Pekan Produksi Kreatif Indonesia (PPKI), Rabu (7/11).

Rencananya PPKI akan dilaksanakan selama lima hari dari 21-25 November di Epicentrum walk Jakarta. PPKI menjadi ajang bertemu pelaku industri kreatif di Tanah Air dan  Mengangkat tema "Yang muda Yang Berkreasi". Generasi muda diajak untuk terus berkreasi.

“Produksi animator Indonesia tidak kalah dengan animator luar negeri,” jelasnya.

Pada PPKI ini, nantinya para animator akan dipertemukan dengan animator luar negeri termasuk sharing keberhasilan dan kendala. Tantangan animator saat ini adalah pada sisi networking, desain, packaging maupun finansial.


“Trend perdagangan online, harus diikuti, termasuk produk animasi,” tutur Dody.

Penggiat animasi Yogyakarta, Hanitianto Joedo mengatakan banyak animator Indonesia yang terliat dalam produksi film internasional. Namun, hal ini tidaklah mudah karena butuh biaya yang tinggi.

“Memang produsen butuh biaya yang tinggi tetapi ketika berhasil nilai jualnya juga tinggi,” tegasnya. (net)

sumber : http://www.balikpapanpos.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=83004

Pilih Bahasa

Ad Info

Statistik Blog