Minggu, 21 Oktober 2012

Industri Kreatif Berpeluang Besar untuk Berkembang


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Industri kreatif menjadi salah satu celah bisnis yang bisa menjadi harapan pemerintah untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Arief Yahya, di Jakarta Sabtu (20/10).
Yang termasuk industri kreatif itu antara lain pembuatan aplikasi, content, digital imaging, media dan banyak lagi. Salah satu pemain bisnis kreatif yang kaya raya adalah Robert Murdoch, si raja media yang memiliki jaringan media diseluruh dunia. Pria berusia 80 tahun itu memperoleh penghasilan hingga US$ 7,6 miliar atau sekitar Rp 68 triliun dari bisnis kreatif.
Contoh lainnya adalah, Mark Zuckerberg, lelaki berusia 27 tahun yang memperoleh penghasilan US$ 17,5 miliar atau sekitar Rp 157 triliun dengan hanya menciptakan sosial media Facebook. "Industri kreatif digital ini sangat potensial," terang Arief.
Untuk di Indonesia sendiri, tambah Arief, industri kreatif memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi, terutama di sektor industri kreatif digital. Arief menerangkan, kontribusi industri kreatif terhadap Gross Domestic Product (GDP) Indonesia sebesar Rp 151 triliun, berkontribusi sebesar 7,28% dari total GDP tahun 2008.
Lima kontributor terbesar adalah fashion (43%), crafts (25%), iklan (8%), design (6%), dan musik (5%). "Kalau Indonesia mau bersaing dengan China dalam manufaktur, pasti akan susah. China sudah tercipta sebagai manufaktur dunia. Tapi, Indonesia bisa sukses dalam industri kreatif," tukas Arief.
Oleh sebab itu, tambah Arief, Indonesia harus mengembangkan dan menciptakan potensi-potensi baru dalam industri kreatif.

sumber : http://www.tribunnews.com/

Tak Cuma Pamer Mobil, Pabrikan Juga Jual Merchandise di IIMS 2012


Jakarta - Tidak hanya menampilkan display modifikasi atau launching kendaraan baru saja, produsen otomotif pun berlomba melego merchandise resmi mereka. Berbagai merchandise menarik dan orisinil khas brand masing-masing juga disuguhkan bagi mereka yang ingin tampil beda.

Sebagai contoh, Daihatsu menyediakan berbagai merchandise warna-warni terpajang di sebuah Mobile Outlet Daihatsu Gran Max yang didesain ceria nuansa  ungu-pink bunga sakura. Misalnya, T-Shirt khas Daihatsu yang dijual seharga Rp 75 ribu, Polo Shirt Daihatsu seharga Rp 90 ribu, dan topi denim trendi yang harganya cuma Rp 35 ribu saja. Penyuka Daihatsu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli merchandise,varian harganya rata-rata di bawah Rp 100 ribu.

Lalu Honda juga menjual berbagai merchandise keren dengan lambang Honda untuk penggemar setia Honda. Ada jaket Honda limited edition seharga Rp 3,7 juta. Tidak cuma jaket, juga ada T-Shirt Sporty Honda Rp 581 ribu. Topi baseball cap juga dijual dengan harga lumayan, Rp 1 jutaan. Semua diklaim buatan Jepang lho.

Penjualan Merchandise Daihatsu Naik 50 Persen di IIMS 2012


Otosia.com -

Daihatsu belum merekap angka penjualan total kendaraan dan nilai transaksi selama IIMS 2012. Namun penjualan merchandise di booth Daihatsu IIMS meningkat 50% dibandingkan tahun lalu, atau meraup total keuntungan sebesar Rp 60 juta.

“Merchandise yang dijual beraneka ragam, ada miniatur mobil Daihatsu, T-shirt, cangkir, jam dinding dan banyak lagi. Di IIMS 2012 ini antusias pengunjung terhadap merchandise Daihatsu ya lumayan-lah,” ujar Guntur A. Kusuma, staf Public Relation PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Selain di IIMS, merchandise Daihatsu juga tersedia di dealer-dealer resmi Astra Daihatsu.

Sementara berdasarkan hasil survey terhadap partisipasi ADM di IIMS 2012, secara keseluruhan booth Daihatsu mendapat penilaian 4 dari skala 5. Angka ini naik sekitar 20 persen dari tahun lalu. Untuk mobil konsep yang dipamerkan, sebanyak 53 persen menyatakan UFC (Ultra Functional Compact) adalah yang terbaik.

Inilah 10 Klub Sepakbola Paling Sukses Jual Merchandise


REPUBLIKA.CO.ID, LONDON  --  Real Madrid dan Manchester United masih belum terkalahkan dalam hal bisnis di dunia sepakbola. Kedua klub itu berturut-turut merajai penjualan kostum resmi dalam lima tahun terakhir.

Seperti dilansir Goal, United dan Madrid adalah dua dari tiga tim yang mampu melebihi angka satu juta kaus per tahun selama periode 2007 hingga 2012. Penjualan kaus resmi kedua tim itu mencapai rata-rata 1,4 juta per tahun. Satu klub lain di tiga besar adalah Barcelona dengan angka penjualan kaus 1,15 juta per tahun.

Isi Kantong Ajaib Doraemon Dipamerkan


OKAYAMA, GOSIP ARTIS – Para penggemar manga-anime Doraemon berbondong-bondong mendatangi pameran si tokoh animasi robot kucing biru di Okayama, Jepang.

Pameran Doraemon’s Scientific Future itu berlangsung di Okayama Digital Museum, di Distrik Ekimotomachi, Kita Ward. Dilangsungkan selama lebih dari 17 hari hingga 9 September 2012, pameran tersebut telah menarik perhatian lebih dari 29.600 pengunjung.

Doraemon merupakan robot kucing dari abad ke-22 yang dikirim ke masa kini. Sosok animasi yang film serinya ditayangkan televisi mulai 1969 itu memiliki banyak peralatan modern yang bisa dikeluarkannya dari kantong ajaibnya untuk menyelesaikan masalah, terutama masalah Nobita Nobi. Beragam alat yang dibuat menyerupai alat-alat modern Doraemon dalam film seri tersebut dipamerkan dalam Doraemon’s Scientific Future.

Ada alat penambah kekuatan genggaman tangan, mirip seperti Sarung Tangan Super milik Doraemon. Dengan menggunakan alat itu, bola yang keras bisa hancur berkeping-keping saat digenggam.

Ada juga jubah yang dibuat dari kain spesial. Dengan kombinasi dari proyektor, gambar latar belakang diproyeksikan ke jubah itu, sehingga pemakai jubah tersebut seperti tidak terlihat. Tak seperti Jubah Tak Terlihat dalam film seri tersebut, yang membuat pemakainya benar-benar tidak terlihat, versi yang dipamerkan menggunakan “teknologi proyeksi retro-reflective“, semacam kamuflase mata.

“Pasti keren kalau punya ini di rumah,” kata bocah tujuh tahun, Sota Ishihara, setelah ia mencoba mengenakan jubah itu dalam pameran tersebut. “Orangtuaku tidak bisa memarahiku jika aku bersembunyi dalam jubah itu,” lanjutnya.

Merchandise Resmi Bigbang Jadi Buruan Fans


Arum Kinanti Handa Riyadini - detikhot

Jakarta - Konser KPop selalu dihiasi oleh warna dari lightstick yang dipegang oleh para penonton. Tak hanya lightstick saja, pernak-pernik lainnya seperti kipas, bando yang bertuliskan nama idola, dan lain-lain pun menjadi barang "wajib" untuk menonton konser KPop.

Rasanya ada yang kurang bila tidak membeli "oleh-oleh" dari konser 'Alive Tour 2012' Bigbang itu. Penonton pun terus berdatangan untuk membeli pernak-pernik boyband asal Korea Selatan itu.

Ada dua booth official merchandise yang terdapat di luar Mata Elang International Stadium (MEIS). Jadi, bagi yang tidak dapat menonton Bigbang malam ini, tetap dapat membeli merchandise resmi dari 'Alive Tour 2012' itu.

Berbagai macam merchandise resmi seperti dua jenis lightstick, kipas, kaos, tas, dan lainnya terdapat di booth tersebut. Harganya pun bermacam-macam. Kaos berwarna hitam dan putih dijual dengan harga Rp 200 ribu, Rp 250 ribu, dan Rp 350 ribu, tas Rp 150 ribu, handuk Rp 200 ribu, Lightstick 'Alive Tour 2012' Rp 150 ribu, crown stick Rp 250 ribu, handband Rp 150 ribu, sticker Rp 50 ribu, pin Rp 150 ribu, gantungan kunci Rp 150 ribu, dan kipas Rp 150 ribu.

Tak hanya official merchandise yang dijual di arena konser, melainkan penjual merchandise tidak resmi juga bertebaran di sekitar area konser. Harganya pun jauh lebih murah ketimbang merchandise resmi.

Bigbang siap menghibur para penggemarnya Jumat (12/10/2012) malam ini dan Sabtu (13/10/2012) besok di Mata Elang International Stadium, Ancol, Jakarta. Konser rencananya akan mulai pukul 20.00 WIB.

(kak/mmu)

sumber : http://hot.detik.com/music/

Pilih Bahasa

Ad Info

Statistik Blog