Senin, 12 November 2012

Unjuk Kreativitas di Ajang Adu Karya Karakter Indonesia

Adu Karya Karakter Indonesia (sumber AKKI)

Bertujuan mengembangkan kreativitas anak bangsa di 5 kota di Indonesia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan AINAKI (Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia) mendukung penyelenggaraan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) dengan menggelar kompetisi Adu Karya Karakter Indonesia (AKKI) sebagai bagian dari Gerakan Indonesia Kreatif.

Bertujuan untuk mengasah kreativitas anak bangsa sekaligus mengembangkan industri kreatif di Indonesia, acara Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) yang akan berlangsung dari tanggal 21-25 November ini terselenggara atas kerja sama dengan Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menjadi tuan rumah dalam PPKI 2012.

Negara-negara maju di dunia seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang saat ini lebih berfokus kepada industri kreatif. Di Indonesia, menurut data Kementerian Perdagangan (2010), persentase industri kreatif terhadap kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) berkisar di antara 3-8%. Pertumbuhan teknologi dan informasi yang pesat sangat berpengaruh terhadap kreativitas, dan industri kreatif berkembang karena adanya kreativitas individu.

Kreativitas individu inilah yang menjadi sasaran Adu Karya Karakter Indonesia (AKKI). Sebab dengan terasahnya kreativitas anak bangsa maka diharapkan akan berperan besar dalam mengembangkan industri kreatif Indonesia ke depannya sekaligus melestarikan budaya Indonesia.


Adu Karya Karakter Indonesia (AKKI)
Adalah kompetisi nasional menggambar karakter khas Indonesia, di mana karya-karya terbaik akan dipamerkan serentak di 5 kota besar. Setelah itu akan diseleksi 10 nominasi yang akan dibawa ke Jakarta untuk menerima piala AKKI pada Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2012.

5 kota tersebut adalah Batam, Bandung, Yogyakarta, Bali dan Makasar. Sedangkan Galeri
Kreasi dilakukan serentak pada tanggal 15-16 November 2012 di:
• Universitas Internasional, Batam;
• STT Telkom, Bandung;
• Taman Pintar Yogyakarta;
• Universitas Udayana, Bali;
• Universitas Fajar, Makasar.

Adapun prosedur pendaftaran lomba AKKI adalah sebagai berikut:
* Peserta menggambar karakter dan mengisi formulir serta memberikan deskripsi atas karakter yang dibuat;
* Peserta adalah perorangan dan hanya boleh mengirimkan 1 buah karya;
* Soft copy karya tersebut di-upload ke situs www.adukarya.com;
* 10 kontestan yang terpilih mendapat biaya transportasi dan akomodasi untuk mengikuti tahap seleksi Nasional di Jakarta.

Hasil karya terpilih akan dipamerkan pada acara PPKI yang diadakan di Epicentrum Walk, Kuningan. Kepada para nominasi akan dianugerahi AKKI Awards pada Malam Anugerah AKKI tanggal 25 November 2012 yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Diharapkan dengan diselenggarakannya Adu Karya Karakter Indonesia (AKKI) ini, generasi muda Indonesia lebih terpacu untuk mengasah kreativitas sekaligus meningkatkan daya saing hasil karya anak bangsa dan menjadikan produk kreatif Indonesia sebagai tuan rumah di negeri sendiri.
Penulis: Nadia Felicia
sumber : http://www.beritasatu.com/kota-kita/82589-unjuk-kreativitas-di-ajang-adu-karya-karakter-indonesia.html

Pilih Bahasa

Ad Info

Statistik Blog